Info VIRAL TERBARU. Join Here
المشاركات

Kompetensi dan Tema P-5 Kurikulum Merdeka

Kompetensi dan Tema P-5 Kurikulum Merdeka

Apabila dijelaskan secara umum bahwa kompetensi adalah kemampuan atau kecakapan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Kompetensi dapat membantu seseorang untuk mencapai kesuksesan dalam belajar, bekerja, dan kehidupan pribadi.

Untuk Kompetensi dan Tema pada Kurikulum Merdeka ini berdasarkan pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/KR/2024 tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kompetensi dan Tema P-5 Kurikulum Merdeka
Kompetensi dan Tema P-5 Kurikulum Merdeka

Atau, Kompetensi adalah kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya. Kompetensi ini dapat berupa pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh seseorang.

Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian penting dari Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengembangan karakter dan profil peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 dilaksanakan melalui proyek-proyek yang mengasah berbagai kompetensi dan tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Kompetensi dalam P5 Kurikulum Merdeka

P5 Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan 6 kompetensi utama, yaitu:

  1. Kemampuan Berkomunikasi: Peserta didik didorong untuk mampu berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi, baik lisan maupun tertulis.
  2. Kemampuan Berkolaborasi: Peserta didik dilatih untuk bekerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan bersama.
  3. Kemampuan Literasi: Peserta didik dibiasakan untuk membaca, memahami, dan menulis informasi dengan baik.
  4. Kemampuan Numerasi: Peserta didik diajarkan untuk menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
  5. Kemampuan Sains dan Teknologi: Peserta didik didorong untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sains dan teknologi.
  6. Kemampuan Berkarakter: Peserta didik dibentuk menjadi individu berkarakter yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebangsaan, dan cinta tanah air.

Tema dalam P5 Kurikulum Merdeka

Tema-tema dalam P5 Kurikulum Merdeka dipilih berdasarkan isu-isu aktual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Tema-tema tersebut dikelompokkan ke dalam 3 domain, yaitu:

  1. Kehidupan dan Kemanusiaan: Tema-tema dalam domain ini fokus pada pengembangan karakter dan nilai-nilai kemanusiaan, seperti kepedulian sosial, toleransi, dan gotong royong.
  2. Keberlanjutan dan Lingkungan: Tema-tema dalam domain ini fokus pada pengembangan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, seperti perubahan iklim, polusi, dan kelestarian alam.
  3. Kebangsaan dan Kenegaraan: Tema-tema dalam domain ini fokus pada pengembangan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, seperti sejarah bangsa, budaya lokal, dan demokrasi.

Contoh Tema P5 Kurikulum Merdeka

  • Kehidupan dan Kemanusiaan: Peduli Sampah, Lawan Perundungan, Menebar Kebaikan
  • Keberlanjutan dan Lingkungan: Lestarikan Hutan, Lindungi Laut, Hadapi Perubahan Iklim
  • Kebangsaan dan Kenegaraan: Bangga Menjadi Bangsa